Friday, March 11, 2016

KAMU HARUS BERPIKIR ULANG SEBELUM MEMINTA ORANG BERHENTI MEROKOK

Berhenti merokok tidak semudah move on dari mantan. Memang merokok itu merugikan, secara kesehatan maupun secara finansial. Ini adalah beberapa alasan kenapa berhenti merokok itu susah.


NIKOTIN ADALAH ALASAN UTAMA MENGAPA PEROKOK SULIT MENGHENTIKAN KEBIASAAN BURUKNYA


Nikotin merupakan bahan kimia dalam rokok yang menyebabkan perokok ketagihan untuk menyalakan sebatang lagi setelah sebatang telah habis dihisapnya. Bagi perokok pemula, secara perlahan tapi pasti tubuhmu akan mulai terbiasa dengan kehadiran nikotin. Meski pada awalnya akan terasa tidak nyaman, semakin banyak rokok yang dihisap akan semakin "normal" bagi tubuh.

Nikotin merangsang sensasi "enak dan nyaman" yang berpusat pada otak. Sehingga pada saat pasokan nikotin dihentikan, otak mulai memerintahkan perokok untuk menyalakan sebatang lagi. Karena otak sedang merindukan sensasi "enak dan nyaman" tersebut.


PARAHNYA, MENGHENTIKAN ASUPAN NIKOTIN BERDAMPAK PADA GEJALA - GEJALA YANG BISA DIBILANG MIRIP DENGAN SAKAW.


Bagi yang belum pernah merasakan sakitnya berhenti merokok, berikut ini hanya segelintir gejala dan gangguan yang dihadapi perokok yang lagi mencoba berhenti :
  • Perasaan gak nyaman, seperti mau terserang flu
  • Susah tidur (karena otak belum "nyaman")
  • Menyebabkan cepat lelah
  • Mudah tersinggung / baper
  • Susah konsentrasi
  • Sakit kepala
  • Batuk - batuk
  • Nyeri pada tenggorokan

KADANG SEORANG PEROKOK YANG SUDAH BERHASIL PUASA MEROKOK SELAMA BEBERAPA MINGGU. NAMUN USAHANYA HANCUR BERANTAKAN AKBIAT BUDAYA "SEBATBUT"


Merokok memiliki kaitan erat dengan aspek hubungan sosial, baik di Indonesia maupun di negara lain. Ketika seorang perokok mencoba untuk berhenti, tantangan utamanya adalah menahan godaan untuk tidak ikutan merokok ketika bertemu teman yang kebetulan sedang merokok. 

Mungkin ada cara lain " menjauhi teman - teman yang merokok ". Tapi itu justru malah merusak tali silaturrahim.


USAHA BERHENTI JUGA AKAN BERAT KETIKA MENEMUI KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN MEROKOK


Kebiasaan seperti merokok sehabis makan atau ketika pagi hari yang dingin ditemani kicauan burung, kebiasaan memulai hari dengan secangkir kopi akan terasa kurang bagi si perokok jika tidak membakar sebatan rokok untuk pelengkap.

Tulisan ini mungkin terbilan hanya sebuah pembelaan buat kaum perokok. Memang tidak merokok itu lebih baik dari merokok. Semoga perokok diberikan jalan yang lurus. Hehe!

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 MBLOGOBLOG