Wednesday, March 23, 2016

RIVALITAS DALAM DUNIA MUSIK


Pada hakikatnya musik itu Universal. Musik itu bisa dinikmati oleh siapa saja. Tetapi kadang ada pergesakan yang menyebabkan konflik antar genre atau bahkan antar musisi dalam satu genre sekalipun. Ada beberapa konflik yang melibatkan 2 musisi atau lebih yang pernah menghiasi sejarah dunia musik dan masih teringat sampai saat ini dan masih akan tetap terkenang hingga masa mendatang.


1. AXL ROSE vs KURT COBAIN


Konflik ini terjadi di era 90'an awal antara 2 vokalis band yang sedang ngetop saat itu, Axl Rose (GnR) vs Kurt Cobain (Nirvana). Konflik mulai memanas ketika Axl akan mengadakan pesta ulang tahun ke 30 dan mengundang Kurt. Tiba - tibu Kurt Cobain tidak datang tanpa alasan yang jelas. Kurt beberapa waktu kemudian malah berkomentar di sebuah majalah saat wartawan majalah itu bertanya pendapatnya tentang band yang saat itu sangat popular, GnR. Kurt menjawab pertanyaan wartawan itu "Saya tak menyangka jika band dengan lagu - lagu sampah tersebut bisa terkenal hingga ke seluruh dunia". Pernyataan Kurt ini jelas menuju pada lagu - lagu GnR seperti "Get In The Ring" yang dianggapnya sebagai sampah.


2. MEGADETH vs METALLICA


Dave Mustaine (Pendiri Megadeth) awalnya adalah gitaris lead dari Metallica. Karena ada beberapa konflik dengan beberapa personil, akhirnya Dave dikeluarkan. Setelah itu Dave Mustaine mendirikan band baru bernama Megadeth. Fans dari kedua band ini sering berseteru, Tetapi hingga saat ini, Dave Mustaine pernah beberapa kali manggung bersama Metallica seperti konser Big 4 di Sofia.


3. AHMAD DHANI vs SLANK


Kalau ini adalah konflik antara 2 musisi yang ngetop di blantika musik Indonesia era 90'an. Tetapi bukan dalam panggung musik melainkan POLITIK. Awalnya Dhani yang sepertinya memulai perkara karena komentarnya soal Slank yang menurutnya terlalu memihak pemerintahan Jokowi. 


4. LIAM GALLAGHER vs NOEL GALLAGHER


Konflik antara Gallagher bersaudara dimulai pada tahun 1994 dalam tur Amerika Oasis, ketika Liam terkadang mengubah lirik lagu gubahan Noel yang memancing kemarahan Noel. Sehingga Noel akhirnya meninggalkan tur tersebut,. Ketika pembuatan album 'Whats the Story-Morning Glory' kakak beradik ini kembali pecah dan bertengkar. Di tahun 2009 Noel pernah mengatakan sebagai "Rude, arrogant, intimidating and lazy, He's the angriest man you'll ever meet. He's like a man a fork in a world of soup".

itulah beberapa konflik yang pernah terjadi dalam dunia musik. Ada yang pernah bertengkar tanpa pernah berdamai. Ada pula yang akhirnya berdamai dengan lawannya.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 MBLOGOBLOG