Tuesday, October 10, 2017

CARA MEMULAI MENJADI YOUTUBER TERKENAL DAN BERPENGHASILAN PULUHAN JUTA TIAP BULAN


YouTube menjadi sebuah platform Social Media yang menjadi fenomena di era digital. Semenjak YouTube berhasil mencetak beberapa tokoh digital seperti Raditya Dika, Sinta Jojo, Eka Gustiwana sekarang telah menjamur hampir semua anak muda menggunakan YouTube sebagai sumber pemasukan utama mereka.

Tidak heran, YouTube berhasil mengalahkan rajanya sumber informasi Audio Visual yang selama ber-abad-abad dikuasai oleh Perusahaan Televisi. Bahkan survey ini dilakukan di Amerika, yang ternyata minat untuk menonton TV sekarang telah beralih dan lebih memilih menonton YouTube secara online.

Secara bisnis memang YouTuber tidak dapat menandingi perusahaan Channel Televisi tingkat Nasional. Tapi, mereka (YouTuber) dapat mengendalikan audience lebih mudah dibandingkan TV yang memiliki segala macam regulasi pemerintah.

Dari segi biaya iklan dan sponsorship TV masih merajai, berbeda dengan YouTube yang terbilang jauh sangat murah untuk mempromosikan suatu brand untuk di publish ke khalayak. Dan justru menggunakan YouTube branding suatu perusahaan atau produk akan lebih terukur dibandingkan mengiklan di TV.

Ada banyak jenis YouTuber yang menjamur sampai saat ini. Dulu YouTube lebih condong ke YouTube Music atau YouTuber musisi yang mengupload karya lagu mereka di YouTube. Tapi sekarang segala genre video telah masuk, seperti Video Komedy, Berita/Politik, Olahraga, Tips & Tutorial, DIY (How to), Vlog, Fashion, dan banyak lagi macamnya.

Nah berikut ini adalah tips & trick untuk memulai menjadi YouTuber yang terkenal dan meraup puluhan juta setiap bulannya.

1. INVESTASIKAN MODAL UNTUK MEMBELI ALAT-ALAT YANG DIBUTUHKAN SEPERTI KAMERA, KOMPUTER, LIGHTING SET, SOUND (MIC), DLL.



Eits, jangan kira menjadi YouTuber yang terkenal itu gak butuh modal. Tentu kalau ingin menjadi kreator video YouTube dengan kualitas tinggi, kalian perlu investai peralatan yang harganya bikin geleng-geleng kepala.

Tapi maksud poin ini, kalian gak perlu sekaligus membeli seluruh peralatan dalam satu waktu. Tentu semua butuh proses, kamu bisa mulai dengan yang paling kamu anggap mampu. Misal kamu mau buat konten video tutorial atau gaming, kalian memerlukan sebuah komputer untuk merekam aktifitas gaming kamu.


2. PELAJARI MINAT PUBLIK, DAN TETAP IKUTI PASSION.


Hal yang paling utama untuk memulai YouTube adalah kalian harus memiliki passion yang kuat, supaya kamu merasa happy menjadi YouTuber. Jangan sampai gara-gara passion yang kamu jalani selama menjadi YouTuber kurang bisa membahayakan Channel YouTube yang kamu bangun dari Nol.

Poin ini sangat penting, karena biasanya YouTuber yang gagal itu berhenti karena minat mereka kurang terhadap konten yang mereka ciptakan. Dan alhasil hasilnya pun akan kurang maksimal. Jadi utamakan kalian cari tau dulu, content apa yang mau kalian buat di Channel YouTube kalian yaa.


3. BIASAKAN MEMBUAT KONTEN YANG ORIGINAL, TIDAK REUPLOAD KARENA AKAN MEMBAHAYAKAN CHANNEL YOUTUBE KAMU LOH..




Emang sih di YouTube Indonesia khususnya banyak banget yang membangun Channel YouTube mereka yang isinya adalah Copy Paste, alias REUPLOADER. Selama channel kalian gak ketauan sama sistem Google sih fine-fine ajah. Tapi giliran udah kena banned dan di blacklist urusan bisa lebih ribet lagi.

Jadi usahakan wajib bin harus buat karya semampu kalian, mau hasilnya jelek atau bagus yang penting original. Percaya deh, semakin sering kamu bikin konten, kualitas akan ngikutin. Karena dari pengalaman-pengalaman kamu buat konten itu akan jadi tolak ukur peningkatan kualitas Channel.


4. GAK USAH TERPATOK SAMA TRENDING ATAU TEMA CHANNEL, BIKIN AJA SEMAU DAN SESUKA HATI. YOUTUBE GAK PERNAH MELARANG BIKIN CHANNEL YANG GADO-GADO.


Kalau kalian subscribe channel YouTube nya Raditya Dika, konten channel YouTube Radit terbilang campur aduk. Mulai dari Komedi, Film, Review, Vlog, Unboxing, Tutorial wah pokoknya Radit adalah YouTuber yang bebas.

Bukan berarti kita ngejiplak loh, artinya kita juga bebas mau buat konten macam apa. Selagi kita senang dan suka sama hasilnya upload aja. Karena ada banyak macam orang yang memiliki minat nonton yang beda-beda kan...

5. KENDALIKAN SOCIAL MEDIA LAINNYA, JANGAN HANYA MENGANDALKAN SATU PLATFORM YOUTUBE SAJA.


Kadang ketika kita sedang asyik satu platform, platform lainnya mulai ditinggalkan. Nah jangan sampai kayak gitu. Karena bagaimanapun Social Media lain pun sangat berguna untuk membagikan hasil karya kalian minimalnya untuk di share ke temen-temen atau keluarga yang ada di Social media lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dll.

Dengan mengajak mereka nonton video karya kalian, itu bisa jadi sebuah pintu gerbang utama untuk meraih kesuksesan. Karena mereka adalah orang-orang yang akan dengan sukarela mengajak orang lainnya untuk menonton video yang kamu share ke mereka.

Okey, itu tadi 5 Poin Cara Memulai Menjadi YouTuber Terkenal dan Meraup Puluhan Juta Tiap Bulannya. Semoga tulisan saya ini bermanfaat buat kamu. Jangan pernah putus asa, selsaikan apa yang pernah kamu mulai.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 MBLOGOBLOG