Sunday, August 7, 2016

KURANG BEROLAHRAGA TIMBULKAN KERUGIAN GLOBAL $67,5 MILYAR


Sebuah studi terhadap satu juta orang menemukan bahwa tidak aktif secara fisik dapat menimbulkan kerugian ekonomi global sebanyak US$67,5 Milyar per tahun.

Ketidakaktifan diperkirakan menyebabkan lebih dari lima juga kematian per tahun, hampir sebanyak kematian akibat rokok, yang menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencapai enam juta per tahun. Sebuah studi terhadap satu juta orang menemukan bahwa tidak aktif secara fisik dapat menimbulkan kerugian ekonomi global sebanyak US$67,5 Milyar per tahun untuk biaya kesehatan dan hilangnya produktivitas, namun berolahraga satu jam per haru dapat menghilangkan sebagian besar biaya tersebut.

Gaya hidup tidak aktif dikaitkan dengan peningkatan resiko sakit jantung, diabetes dan kanker, menurut para peneliti. Namun aktivitas seperti jalan cepat dapat melawan kemungkinan lebih tinggi dari kematian dini yang terkait dengan kebiasaan duduk selama delapan jam atau lebih per hari.

Ulf Ekelund, profesor di Norwegian School of Sports Sciences dan Cambridge University, mengatakan bahwa rekomendasi - rekomendasi WHO untuk berolahraga moderat setidaknya 1,5 jam per minggu barangkali tidak cukup. Seperempat orang dewasa di dunia bahkan tidak memenuhi rekomendasi WHO tersebut.

"Tidak perlu berolahraga atau ke gym... tapi setidaknya perlu (bergera) satu jam per hari," ujarnya, menyebut contoh berjalan pada kecepatan 5,6 kilometer per jam atau bersepeda 16 kilometer per jam. Orang - orang yang duduk selama 8 jam per haru tapi diluar itu cukup aktif memiliki resiko kematian yang lebih rendah dibandingkan orang - orang yang duduk lebih sebentar tapi kurang aktif. Hal ini menunjukkan bahwa berolahraga adalah penting, tidak masalah duduk berapa jam per hari.

Melody Ding dari University of Sydney, yang memimpin bagian penelitian ini, mengatakan biaya - biaya lebih tinggi di negara - negara kaya, namun seiring pertumbuhan negara - negara yang lebih miskin, beban ekonomi penyakit - penyakit kronis terkait ketidakaktivan juga meningkat.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 MBLOGOBLOG