Tuesday, March 22, 2016

BIAR BISNIS SAMPINGANMU BERKEMBANG JANGAN LUPAKAN 7 HAL INI

Siapa yang nggak mau coba bisnis ? Jika melakukannya, lambat laun kamu akan berlatih menjadi seorang pengusaha. Berbisnis itu nggak berarti harus langsung yang besar, kamu bisa belajar dari usaha kecil - kecilan dulu. Kamu juga sebenarnya masih bisa melakukan pekerjaan saat ini. Jadi, bisnismu masih bisa berjalan sebagai sampingan untuk mengisi waktu senggangmu.

Sayangnya, problem seorang pebisnis sampingan biasanya nggak bertahan lama. Hal ini bisa jadi karena mereka nggak betah dengan bisnis yang masih kecil sehingga ogah - ogahan menjalaninya. Ada juga yang tergoda dengan ajakan orang lain untuk berbisnis yang lain. Padahal keberhasilan dari berbisnis itu beberapa terdapat dari keuletan, konsisten, dan selalu semangat mengerjakannya.

Nah, kira - kira apa sih yang berlu diterapkan dalam menjalani bisnis sampingan ? cekidut.


1. PISAHKAN WAKTU UNTUK PEKERJAAN SAMPINGAN DAN PEKERJAAN UTAMA, SUPAYA KAMU MAKSIMAL MENGERJAKAN KEDUANYA.



Karena saat ini sudah punya dua pekerjaan, kamu harus pandai mengatur waktunya. Jangan sampai salah satu atau keduanya malah terbengkalai. Misalnya nih saat senin sampai jum'at kamu prioritaskan untuk mengerjakan pekerjaan utama, sedangkan saat sabtu dan minggu khusus untuk bisnis sampingan.

Atau kamu juga bisa menyempatkan waktu disela - sela kesibukan saat hari kerja untuk bisnis sampinganmu. Yang penting, pekerjaan utama terselesaikan dengan baik ya.


2. MESKI HANYA SAMPINGAN, BUKAN BERARTI TAK BUTUH KESERIUSAN. KAMU JUGA HARUS MENGERJAKANNYA DENGAN SEMANGAT SESUAI NIAT AWAL.


Agar bisnis sampinganmu berhasil, kamu perlu melakukannya dengan penuh keuletan dan semangat. Jika di awal kamu menggebu - gebu untuk mulai mengerjakannya, jangan sampai di pertengahan kinerja berbisnismu menurun. Oleh karena itu, jalani dengan keseriusan dan selalu kembali bersemangat ya. Kamu bisa mengingat awal mula mengapa ingin berbisnis ini ketika tak lagi seperti niatmu dulu lho. Hal ini dilakukan nggal lain supaya kinerja bisnismu membaik seperti sedia kala.
3. BISNIS SAMPINGANMU JUGA HARUS PUNYA TARGET DAN RENCANA. SETENGAH DAN SATU TAHUN LAGI, INI MAU DIBAWA KEMANA ?


Kamu harus merencanakan bisnismu akan berjalan seperti apa. Jangan menyiapkannya dari awal hanya dalam lingkup kecil aja. Agar bisnis sampinganmu ini berhasil, bahkan bisa menjadi peganganmu di masa depan, perlu perincian rencana yang matang. Di awal bolehlah kamu nggak merencanakan untuk jangka waktu yang lama, tapi paling tidak 6 hinngga satu tahun kedepan sudah dibuat.
4. SEMPATKAN WAKTU DISELA KESIBUKAN UNTUK MEMBAUR DENGAN KOMUNITAS YANG MENDUKUNG BISNIS SAMPINGANMU. KONEKSI ITU 50% DARI KESUKSESANMU.


Hal satu ini jangan sampai dilupakan. Meskipun hanya ikut bergabung dengan suatu komunitas, tapi itu bisa sangat bermanfaat. Kamu nggak hanya mendapat promosi dari mulut ke mulut secara gratis, tapi ajakan kerja sama dengan yang lain juga memungkinkan. Bahkan informasi baru pun dapat kamu ketahui melalui mereka.
Jadi jangan sungkan untuk membaur dengan komunitas - komunitas yang menunjang kelancaran bisnismu.


5. JANGAN MUDAH TERGIUR DENGAN MANISNYA GODAAN BISNIS LAIN. HAL SEPERTI INI BIASANYA MENJADI COBAAN SAAT BISNIS SAMPINGANMU BARU MENANJAK.


Godaan seperti ini biasanya datang saat bisnis yang kamu jalankan udah mulai menanjak. Sebenarnya sah - sah saja kalau mau mencoba bisnis lain. tapi kamu harus yakin dan tahu porsi mengatur dan membagi perhatianmu nanti. Jangan sampai salah satu atau kedua bisnis sampinganmu malah mengecewakan. Tentunya, kamu pun nanti akan rugi.
Oleh karena itu, ada baiknya kamu pikirkan kembali ajakan tersebut. Kalau bisnis sampinganmu belum berjalan dengan maksimal, lebih baik jangan dulu. Kamu harus fokus dulu dan maksimal menjalaninya, tapi jika memang merasa bisnis sampinganmu ini udah gak bisa diteruskan lagi, baru deh boleh beralih ke bisnis lain.



6. BISNIS SAMPINGANMU BELUM TENTU CEPAT MENHASILKAN. SAAT MASIH DALAM TAHAP BERJUANG, PEKERJAAN UTAMAMU JANGAN DILUPAKAN


Keberhasilan akan diraih oleh siapapun yang telah berjuang secara maksimal dan penuh kesabaran. Apalagi saat menjalani bisnis, kamu harus sabar banget deh. Para pengusaha besar dunia juga nggak ada pencapaian saat ini diraih dengan begitu mudah tanpa ada halangan. Jadi harap bersabar dan bersemangat ya.
7. MELAKUKAN EVALUASI ITU PERLU. DENGAN EVALUASI, KAMU JADI INGAT LAGI PENCAPAIAN YANG SUDAH DIGENGGAM DAN APA SAJA YANG BELU. BISNISMU GAK AKAN BERADA DI LEVEL ITU - ITU AJA.


Evaluasi itu penting dilakukan, apalagi untuk menciptakan kinerja yang baik dalam suatu pekerjaan. Hal ini karena akan ada momen di mana kamu merasa lelah dan bosan saat menjalani bisnis sampingan tersebut. Dengan melakukan evaluasi, kamu bisa mengingat kembali apa aja yang udah berhasil dicapai dan rencana - rencana apa aja yang belum terlaksana.
Memiliki bisnis sampingan itu dibolehkan, asalkan kamu pandai mengatur dan membagi waktu dengan pekerjaan utama. Dalam menjalaninyapun kamu harus bersabar, giat dan tetap bersemangat untuk mengembangkannya. Oh iya, jangan lupa jaga kondisi supaya nggak drop karena terlalu sibuk mengurusi dua pekerjaan sekaligus.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 MBLOGOBLOG