Tuesday, April 26, 2016

RIBUAN NETTER TANDA TANGANI PETISI 'USUT TUNTAS KRIMINALISASI KASUS JIS'


Masih ingatkah anda tentang kasus pelecehan seksual yang terjadi di Jakarta International School (JIS) 2014 silam ? Dilansir dari wikipedia, kasus ini bermulai dari laporan korban berinisial AK kepada orang tuanya atas dugaan tindakan sodomi, yang kemudian diikuti laporan dari orangtua lainnya.

Awalnya hanya lima tersangka tenaga kebersihan bernama Afrischa Setyani, Agun Iskandar, Virgiawan Amin alias Awan, Syahrial, dan Zainal Abidin yang ditangkap. Namun kasus ini terus berkembang sehingga melibatkan guru seperti Neil Bantleman dan Ferdinant Tjong, keduanya ditetapkan sebagai tersangka.

Seiring pemeriksaan, daftar korban bertambah menjadi tiga orang, yaitu AL, AK, dan DS.


Namun seiring berjalannya persidangan, kasus ini diragukan dan penuh dengan rekayasa. Kasus ini dinilai bahwa tindakan polisi kurang hati - hati, tidak independen dan memaksakan sebuah kasus dari bukti - bukti yang sangat lemah. Kasus ini bahkan telah menewaskan salah satu tersangka bernama Azwar karena dianggap melakukan tindakan bunuh diri.

Tewasnya Azwar pada 26 April 2014 lalu yang diduga sengaja minum cairan pembersih juga diragukan kebenarannya. Proses peradilan kasus ini pun masih berjalan sampai sekarang. Meskipun kasus JIS ini mulai kurang mendapat perhatian masyarakat Indonesia, perlahan kejanggalan kasus JIS mulai diperbincangkan lagi oleh netter.

Selain itu muncul petisi di Change.org berjudul 'Usut Tuntas Kriminalisasi Kasus JIS'.


Netter pun memberikan komentar - komentarnya sebagai berikut :

"Bantu ekspos dan ungkap ini.. jgn ada lg korban rekayasa hukum lg di Indonesia. Profesional lah polisi dan media. Yg salah harus dibuktikan kesalahannya dan jika benar salah memang hrs dihukum, tapi jika dipaksa mengaku utk kesalahan yg tdk diperbuat namanya zalim. Kalian itu pada ngga inget mati apa?" tulis akun instagram asyifapermana.

Bahkan artis sekaligus penyanyi Vidi Aldiano pun juga ikut menyimak kelanjutan kasus JIS.

"Baru baca kasus kriminalisasi JIS by Kurawa. Mixed Feelings. Udah ada yang baca? Pendapat kalian gimana?." tulis Vidi Aldiano di akun twitternya.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 MBLOGOBLOG